"Selamat Datang...di blognya Santri Nurul Huda al-Islami. kritik dan saran yang sifatnya membangun silahkan kirim pesan ke : redaksippnh@yahoo.co.id...........Selamat Datang...di ppnhpekanbaru.blogspot.com. blognya Santri Nurul Huda al-Islami. kritik dan saran yang sifatnya membangun silahkan kirim pesan ke :redaksippnh@yahoo.co.id "
Photobucket

Kamis, 21 Januari 2010

Ada HP Berkonten Kitab Kuning

Jombang, NU Online
Seiring kemajuan teknologi, kitab kuning kini tidak harus berwujud lembaran-lembaran kertas. Namun bisa lebih simpel lagi. Kitab para santri itu kini berwujud digital dan menjadi konten sebuah handphone (HP). Dengan begitu, mengaji dan beribadah bisa dilakukan dimanapun.

Hal itulah yang disadari oleh PT Rayyan Nawa Media, produsen handphone (HP) yang berkantor pusat di Jakarta. Guna melayani komunitas sarungan tersebut mereka melaunching HP dengan konten Islami di pondok pesantren Tarbiyatunnasyiin, Paculgowang, Jombang.

Mengapa dikatakan Islami? Karena, selain kitab kuning digital, dalam konten HP dengan merk Rayyan Mobile itu juga terdapat Al-Quran digital, tafsir Al-Quran, hadits, adzan, doa khotmil Quran, serta asmaul husna. Bukan hanya itu, alat komunikasi dengan tagline 'Mengaji dan Beribadah Dimanapun' itu juga dilengkapi pengingat otomatis shalat 5 waktu dan arah Kiblat lebih dari 5.500 kota dari 251 negara.

Kitab kuning digital yang terdapat dalam HP tersebut meliputi Tafsir Jalalain, Tafsir Ibn Katsir, Tafsir At Thobari, dan Tafsir Al Qurtubi. Sedangkan kitab hadis di antaranya Riyadlus Sholihin, Sahih Bukhori, Sahih Muslim, Abu Dawud, An-Nasaa'i, At Tarmidzi, Ibnu Majah, Al-Muwattha Ibn Malik, serta Musnad Imam Syafii.

"Kita ingin menepis bahwasannya kaum pesantren itu kolot dan gaptek (gagap teknologi). Selain itu juga sebagai bentuk concern kami terhadap dunia ke Islaman klasik sekaligus meneruskan tradisi para ulama," kata Aizzudin, Komisaris Utama PT Rayyan Nawa Media, usai melakukan softlaunching di pondok pesantren Tarbiyatunnasyiin, Paculgowang, Jombang, Jumat (22/1) seperti dilansir beritajatim.com.

Alumnus ponpes Tebuireng ini menjelaskan, untuk mendapatkan HP itu tidak terlalu sulit. Sebab, dalam waktu dekat ini alat komunikasi tersebut sudah tersebar di setiap kopontren (Koperasi Pondok Pesantren) se-Indonesia dengan harga Rp 1.150.000/unit.

"Kami berharap bisa bekerja sama dengan pondok-pondok pesantren sebagai jaringan pemasaran Rayyan Mobile seri RN900. Sebab, melalui kerja sama yang sinergis, pesantren akan mendapatkan keuntungan secara ekonomi," tambah pria yang juga peserta Bathsul Masail FMPP (Forum Musyawarah Pondok Pesantren) yang digelar di ponpes Paculgowang tersebut.

Bagaimana dengan fitur umum dalam ponsel itu? Secara rinci Aizzudin menjelaskan, HP dual GSM itu menggunakan layar TFT 2.2 inch HD. Kemudian dilengkapi dengan kamera 1,3 pixel dan T-Flash untuk tambahan kartu memori, serta ditunjang dengan MP3, MP4, bluetooth, radio FM, dan E-book.

Tidak hanya itu, pengguna juga dimanjakan dengan sejumlah fasilitas lainnya semisal, GPRS, MMS, WAP, dan STK internet berkecepatan tinggi. "Rayyan Mobile juga menggunakan menu multi bahasa. Sedangkan untuk memudahkan percakapan tersedia built-in loud speaker," pungkasnya. (mad)